in

RS Gigi dan Mulut Unhas Raih Akreditasi Paripurna

Dok FKG Unhas

Makassar, PerspektifMakassar.id – Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Hasanuddin berhasil memperoleh akreditasi Paripurna SNARS Edisi 1 dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).  Hal ini disampaikan oleh Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D, Senin, 24 Maret 2019.

“Kami baru saja memperoleh informasi dari sistem informasi KARS, dimana RSGM Unhas dinyatakan memenuhi syarat dan memperoleh akreditasi paripurna,” kata Suharman.

“RSGM Unhas memang telah divisitasi pada bulan Februari lalu. Atas nama pimpinan Universitas, kami menyambut hangat dan memberikan apresiasi kepada RSGM Unhas atas prestasi ini,” lanjutnya.

SNARS atau Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit merupakan indikator penilaian kualitas rumah sakit yang diterbitkan oleh KARS. 

Akreditasi rumah sakit merupakan proses kegiatan peningkatan mutu pelayanan yang dilakukan terus menerus oleh rumah sakit. Akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit, setelah dilakukan penilaian bahwa Rumah Sakit telah memenuhi Standar Akreditasi.

Sejalan dengan proses kegiatan peningkatan mutu maka KARS secara berkala melakukan review sandar akreditasi mengikuti perkembangan standar akreditasi di tingkat global.

Pada bulan Agustus 2017, KARS telah memperkenalkan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit edisi 1 (SNARS 1), yang diberlakukan mulai tahun 2018.

Direktur RSGM Unhas Drg. A. Tajrin, M.Kes., SpBM(K), menjelaskan bahwa pencapaian ini merupakan hasil capaian dari seluruh jajaran RSGM. 

“Kami melakukan persiapan serius untuk menghadapi akreditasi ini.  Pertama-tama, kami melakukan evaluasi diri untuk mendapatkan akar masalah dalam seluruh aspek, termasuk SDM, sarana dan prasarana, pendidikan dan pelayanan,” kata drg. Tajrin.

Setelah mengetahui akar masalah, RSGM membentuk tim untuk melengkapi seluruh kekurangan tersebut melalui program terpadu, sebagai syarat akreditasi.  Dalam implementasi ini, pimpinan Unhas memberikan dukungan penuh yang berinteraksi dengan seluruh tim RSGM.

Aspek penting dari rumah sakit unggul adalah pelayanan yang dipadukan dengan aspek pendidikan. 

“Perubahan pola pikir dan aktivitas menuju pelayanan pendidikan yang mengedepankan Patient Safety sebagai salah satu target akrefitasi, dimana hal ini meliputi semua komponem termasuk dokter, tenaga kesehatan lain, mahasiswa profesi maupun mahasiswa spesialis,” papar drg. Tajrin.

Proses menuju akreditasi ini dipersiapkan secara serius, baik melalui .  “Kami mempersiapkan akreditasi ini selama dua tahun,” kata drg. Tajrin.

“Selain persiapan SDM, sarana dan prasarana, juga ada pembimbingan kepada staf dan dokter-dokter,” imbuhnya.

Dia selanjutnya menjelaskan bahwa Akreditasi Paripurna ini merupakan prestasi tersendiri, sebab inilah satu-satunya RSGM negeri yang dimiliki universitas dengan akreditasi SNARS Edisi 1 versi 2018. 

Saat ini, RSGM Unhas adalah RS Khusus Gigi dan Mulut yang dimiliki Unhas, kelas Tipe B dan Akreditasi Paripurna oleh KARS.(*)

Penulis: Ishaq Rahman

Editor: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Terpilih Sebagai Ketua MWA Unhas, Syafruddin Gelar Silaturahmi Perdana

RHIS Resmi Peroleh Izin dari Pemkot Makassar