in

Desa Sorowako Juara Lomba Desa se-Sulsel, Apa Kriterianya?

Perpustakaan desa di Sorowako (sumber: FB Perpustakaan Desa Sorowako)

PERSPEKTIFMAKASSAR.ID – Desa Sorowako, di Kecamatan Nuha, Luwu Timur menorehkan prestasi luar biasa. Desa ini menjadi pemenang pada lomba desa dan kelurahan tahun 2019 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Sebagai ganjaran atas prestasi istimewa ini, Sorwako akan mendapat dana pembinaan sebesar Rp1 miliar.

Selain itu, para perangkat desa seperti Kades, ketua TP-PKK dan ketua BPD juga akan diboyong ke Jakarta untuk menghadiri upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Istana Negara.  Luar basa bukan?

Sejak Juli 2019, perangkat desa dan warga Desa Sorowako telah berbenah dan aktif memoles desa, bukan hanya dari tata fisik desa seperti perumahan, jalanan, fasum tetapi juga koordinasi, sinkronisasi kegiatan dan pengorganisasian di tingikat desa.

Menurut Kepala desa Sorowako, Jihadin Paruge sebagaimana dikutip dari Sindonews, pada lomba tersebut banyak indikator yang jadi penilaian tim juri. Seperti administrasi dan inovasi desa, lingkungan, kesehatan, linmas, inovasi desa dalam memanfaat DD, Bumdes, dan lain-lain.

Beberapa inovasi di tingkat desa yang menyita perhatian tim penilai tingkat provinsi adalah pelayanan malam, pelayanan ke dusun-dusun, kegiatan perpustakaan desa, transparansi kegiatan, Sorowako kampung mengaji, pemanfaatan dana desa hingga inovasi BumDes. (*)

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Idul Adha di Tamarunang, Bupati Adnan Kabarkan Hasil Pembangunan

Diundang JK, Anggota Pansus dari Partai Golkar Tak Nampak