in ,

Sejumlah Tokoh Nasional ‘Keroyok’ Pengembangan Karakter Maba Unhas

Diirjen Perikanan Tangkap KKP, M. Zulficar Mochtar, S.T, M.Sc saat bersama mahasiswa baru FIKP (dok: istimewa)

PERSPEKTIFMAKASSAR.ID – Prosesi Penerimaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB) tahun 2019 memasuki hari ketiga, Senin, 12/8/2019.

P2KMB berlangsung sejak pukul 08.00 WITA, yang berpusat di setiap fakultas dan program studi.

Menteri Pertanian, Dr. Ir. Arman Sulaiman, MP, nampak hadir dan memberi motivasi bagi mahasiswa baru Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran.

Di Fakultas Pertanian, Menteri Pertanian mengajak mahasiswa baru untuk menjadi mahasiswa mengalahkan ketakutan pada diri sendiri.  Dirinya percaya, bahwa perubahan harus dimulai dari diri sendiri, sebelum mengubah lingkungan dan masyarakat.

“Kalau anda mau sukses, ubahlah pola mulai sekarang. Kurangi tidur, lakukan hal-hal positif. Tidak ada soal jika hanya sekolah di kampung, saya juga dulu sekolah di kampung.  Banyak hasil pertanian yang diciptakan oleh mahasiswa, jadi mahasiswa harus memiliki inovasi baru, agar bisa mengubah dunia,” kata Menteri Arman.

Setelah memberikan sambutan kepada mahasiswa, Menteri Pertanian berswa foto dengan mahasiswa.

Di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, KKP, M. Zulficar Mochtar, S.T, M.Sc, juga turut hadir memberi motivasi kepada mahasiswa baru.

Zulficar berbagi pengalaman dalam upaya pengarusutamaan isu kelautan dan perikanan dengan menyebut adanya kebijakan kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan.

Dia juga berbagi harapan kepada mahasiswa baru tentang peluang pemanfaatan sumber daya kelautan untuk membangun ekonomi negara.

Jebolan Ilmu Kelautan Unhas ini ikut serta berfoto bersama akademisi FIKP Unhas, para mahasiswa baru dan panitia penerimaan Maba.

Juru Bicara Wakil Presiden Republik Indonesia, Husain Abdullah, turut memberi motivasi kepada mahasiswa baru Departemen Hubungan Internasional FISIP Unhas.

Husain Abdullah yang juga merupakan dosen HI Unhas ini menyampaikan ucapan selamat datang melalui video call.

“Saat ini saya sedang mendampingi Bapak Wakil Presiden, sehingga tidak bisa hadir langsung. Belajar di HI Unhas telah membuka pintu yang luas bagi saya untuk menjadi seperti sekarang, menjelajah berbagai negara di dunia.  Selamat datang kepada anak-anakku sekalian, selamat menjadi mahasiswa baru hubungan internasional,” kata Husain Abdullah dengan latar belakang pesawat kepresidenan.

Sementara di Fakultas Farmasi, Kepala Balai Besar POM Gorontalo, Sukriadi Darma, hadir memberi motivasi kepada mahasiswa baru. 

Sukriadi yang menjadi Kepala Balai Besar POM pada usia 37 tahun ini merupakan alumni Farmasi Unhas.

“Berorganisasilah agar lebih bersosialisasi. Bangunlah jejaring dengan banyak orang lintas profesi. Ada prioritas dalam kehidupannya. Organisasi itu akan menambah pengetahuan sehingga kemampuan IQ, SQ dan EQ.  Mahasiswa yang aktif organisasi akan jauh lebih baik dibanding yang tidak ikut berorganisasi,” pesan Sukriadi kepada mahasiswa baru.

Sebelumnya, pada Jum’at, 9 Agustus 2019, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo, hadir di Fakultas Hukum. 

Sementara di Fakultas Teknik Kampus Gowa, hadir pula Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. (*)

Penulis: Ishaq Rahman

Editor: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Pengumuman KBMK, Unhas Loloskan Tiga Tim

Arqam Azikin: Pansus Tunaikan Tugas Negara, JK Takkan Campuri