in ,

PT Huadi ‘Menghadap Laut’ Bersama Warga Kayuloe Bantaeng

Warga yang ikut dalam program bersih pantai (dok: istimewa)

PERSPEKTIFMAKASSAR.ID – PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia, salah satu perusahaan yang berada di Kawasan Industri Bantaeng bersama masyarakat Dusun Kayuloe mengadakan kegiatan kerja bakti membersihkan pantai.

“Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 18 Agustus 2019 bertepatan dengan gerakan bersama “Menghadap Laut” di 74 titik di seluruh Indonesia,” kata Sitti Chadijah Lily dari PT. Huadi ke PerspektifMakassar.id.

Dusun Kayuloe, Desa Papanloe Kecamatan Pajukukang dipilih karena berada di pesisir pantai.

Menurut Lily, kegiatan masyarakat berkaitan dengan pemanfaatan ruang laut melalui budidaya rumput laut, inilah yang membuat mereka banyak menghabiskan waktu di pesisir pantai.

“Huadi melihat bahwa tidak bisa dipungkiri bahwa keadaan laut di Indonesia mulai memprihatinkan dengan ditemukannya satwa-satwa yang mati karena terjerat sampah khususnya sampah plastik,” sebutnya.

“Kegiatan manusia yang berada di pesisir dan di laut juga sangat sering menggunakan plastik, dan jika tidak ada kesadaran untuk tidak membuang sampah plastik di laut maka ekosistem laut pun bisa terganggu sehingga akan mengganggu kehidupan manusia pada masa yang akan datang,” papar Lily terkait alasan mengapa kegiatan ini digelar.

Ke depan, Lily berharap PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia yang sebagian kegiatannya juga berada di sekitar pantai ada model kolaborasi dengan masyarakat termasuk bersama-sama membangun penyadaran terhadap pentingnya menjaga kebersihan di laut dan pesisir.

Sampah yang terkumpul (dok: istimewa)

“Diharapkan penyadaran ini tidak hanya pada saat kegiatan saja, dengan menjaga laut kita itu sama dengan menjaga masa depan kita,” harap Lily yang juga General Affair Manager dari PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia.

Beberapa masyarakat yang ikut dalam kegiatan ini terlihat ceria dan merasa bertanggung jawab untuk mengambil peran menjaga pesisir dan laut Bantaeng.

“Mereka, masyarakat Dusun Kayuloe, senang ikut kegiatan bersama dengan perusahaan ini. Harapannya semoga dapat berlanjut terus sehingga dapat menepis isu tentang ketidakharmonisan hubungan antara perusahaan dan masyarakat,” demikian pandangan Lily atas respons masyarakat Kayuloe.

Bersama PT Huadi, hadir Dinas Lingkungan Hidup Bantaeng, ada pula unit atau armada angkutan sampah dan tim kebersihan disiapkan untuk ikut mendukung kegiatan ini. (*)

Editor: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Fakultas MIPA, Adaptif dan Kreatif Mendukung Unhas Humaniversity

Sekelebat Dapur Coklat hingga Kanrejawa