in

Dr Sudirman Numba: WR 3 Unhas Berhasil Gairahkan Alumni Membincang Isu Kemahasiswaan

Rektor Unhas Prof Dwia, Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Dr Sudirman (dok: istimewa)

PERSPEKTIFMAKASSAR.ID – Sudah setahun lebih sedikit Prof Andi Arsunan Arsin menjabat Wakil Rektor 3 bidang kemahasiswaan Unhas. Oleh Dr Ir Sudirman Numba, M.S, yang belakangan ini aktif mendorong pendayagunaan potensi alumni Unhas menyebut, Prof Arsunan telah berhasil menghidupkan gairah dan partisipasi alumni untuk ikut membincang dunia kemahasiswaan kontemporer di Unhas.

“Saya kira tidak bisa diingkari bahwa belakangan ini intensitas pertemuan, silaturahmi atau koordinasi alumni dan Rektorat atau dengan elite Unhas berjalan baik,” ucapnya.

“Komunikasi informal dengan alumni via IKA Unhas kembali sangat terasa,” kata sosok yang biasa disapa Bang Dir oleh koleganya ini dan jadi inisiator HBH Alumni di Red Corner dalam bulan Juli 2019.

“Meski masih menyimpan potensi diskursus, BEM Universitas juga kembali hadir dalam pengertian semangat untuk berlembaga semakin konkret dengan adanya BEM Universitas,” kata ahli agroteknologi dan pemasaran produk pertanian ini.

“Lalu, yang signifikan, event job fair yang menggeliat nyata, mulai berkembang. Saya kira dalam tahun ini sudah ada 2 kali event job fair dan menghadirkan banyak sekali perusahaan atau penyedia lapangan kerja,” imbuhnya.

Dr Sudirman saat ikut acara dies natalis Unhas (dok: istimewa)

Meski demikian, alumni Pertanian Unhas dan pernah merasakan suasana perkuliahan di Kampus Baraya ini menyebut tetap ada yang masih kurang dari sisi kreativitas dan pola relasi antar pihak.

“Rasanya masih belum optimal pada pendayagunaan peran alumni dalam peningkatan performa universitas. Upaya memediasi BEM Universitas untuk merangkul BEM fakultas yang belum menerima keberadaan BEM universitas juga masih lemah. Belum nampak sinergitas dalam pelibatan alumni, Rektorat maupun dengan para pihak di fakultas seperti WD 3,” lanjutnya.

“Lalu, saya melihat Unhas belum menyediakan data base kemahasiswaan berikut data base kealumnian. Ini masih terbatas padahal kalau ini ditangani dengan baik, Unhas akan dapat manfaat,” tambah sosok yang juga banyak dimintai pendapat tentang trend politik Sulsel ini.

“Saya kira dengan menyebut ada kemajuan, lalu ada beberapa yang masih kurang ini sudah cukup bisa memberikan kontribusi pemikiran dan wacana untuk WR 3 ke depan,” ucapnya.

“Harapannya agar lebih kreatif dan bisa memfasilitasi sinergitas di antara civitas akademika, apalagi situasi saat ini semakin berkembang dan perlu pendekatan yang terbarukan juga,” jelasnya.

“Tidak bisa diingkari bahwa satu hal yang penting diapresiasi adalah keterbukaan bagi WR3 untuk menerima masukan. Tetapi itu juga tidak cukup bukan? Perlu langkah-langkah konkrit dan lebih baik dari waktu ke waktu termasuk bagaimana menghidupkan WD 3 di fakultas sebagai ujung tombak urusan kemahasiswaan, kealumnian jurusan dan fakultas,” tambahnya.

“Mengurus dunia kemahasiswaan saya kira bukan semata rutinitas belaka, ini respons yang harus adaptif, harus sensitif atas trend perubahan di tingkat mahasiswa,” tutupnya. (*)

Editor: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Juru Bicara Wapres: Tugas Saya Mengajar dan Membimbing Mahasiswa

Deputi IV Kemenko Maritim, Safri Burhanuddin: Bangun Teluk Bone, Jangan Berhenti di Riset