in

Prof. Jamaluddin Jompa Ketua Forum Pimpinan Sekolah Pascasarjana PTN se-Indonesia

Para peserta pertemuan (dok: Humas Unhas)

PERSPEKTIFMAKASSAR.ID – Dekan Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Prof Jamaluddin Jompa yang juga akademisi Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, memperoleh kepercayaan sebagai Ketua Presidium Forum Pimpinan Pascasarjana Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia periode 2019-2021.

Penetapan tersebut dilakukan dalam Musyawarah Nasional Forum Pimpinan Pasca Sarjana (Forpimpas) ke-41 yang berlangsung pada tanggal 12 – 14 September 2019 di Four Points by Sheraton, Makassar.

Sekolah Pascasarjana Unhas menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional Forpimpas ke-41. Munas kali ini terdiri dari beberapa kegiatan, antara Rakernas, membahas Kerjasama Forpimpas, dan diskusi untuk Penguatan Organisasi.

Dalam diskusi paralel, sebanyak 142 delegasi yang hadir dari 46 perguruan tinggi negeri ini mendiskusikan empat tema krusial yang menjadi perhatian dari forum ini, yakni Kelembagaan, Pendidikan 4.0 dan Akreditasi, Kerjasama Forpimpas, serta Penelitian dan Publikasi.

Setelah didaulat sebagai Ketua Presidium Forpimpas PTN se-Indonesia, Prof. Jamaluddin mengatakan pentingnya Munas kali ini, bukan saja bagi perkembangan organisasi namun juga bagi perkembangan pendidikan pascasarjana di Indonesia.

“Ini forum yang sangat kritikal, dimana pemikiran dan gagasan berkumpul untuk pengembangan pendidikan pascasarjana yang lebih maju. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kehormatan dan kepercayaan yang diberikan untuk menjadi tuan rumah,” ujar ahli terumbu karang tersebut.

Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA sebagai demisioner ketua Presidium Forpimpas menjelaskan bahwa Munas ini bertujuan untuk membahas isu-isu yang tengah menjadi perbincangan di Indonesia, termasuk perihal pendidikan Pascasarjana Era Industri 4.0.

“Hal ini mendorong tiap institusi untuk membuka dan mengembangkan program studi yang inovatif dan terbuka. Selain itu, forum ini harus digunakan untuk mengembangkan kersama antara anggota Forpimpas dalam wilayah Barat, Tengah dan Timur maupun antara wilayah, baik berupa pertukaran penguji, pembimbing, maupun kerjasama publikasi”, kata Prof. Purwanto.

Beberapa catatan tersebut akan menjadi fokus dari program kerja Prof Jamaluddin dalam periode kepemimpinannya sebagai Ketua Presidium selama tiga tahun mendatang.(*)

Penulis: Ishaq Rahman (Humas Unhas)

Editor: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Update Reuni Smansa 89 Makassar di Bali: Wow! 136 Peserta, Dana Terkumpul Rp 156.466.289

Aksi Nyata Tanggap Bencana Tim Unhas di TPA Antang