in

Alumni SMP 6 Makassar Gelar Kegiatan ‘Ayo ke Selayar!’

“Taglline silaturahmi ‘Ayo ke Selayar!’ kami pilih agar semakin banyak yang ke Selayar, terutama alumni SMP 6.” Achmad.

Alumni SMP 6 Angkatan 77 saat reuni tahun 2011. (dok: istimewa)

PERSPEKTIFMAKASSAR.ID – SMP Negeri 6 Makassar sudah lama terkenal sebagai sekolah dengan alumni-alumni sarat prestasi. Alumninya disebut banyak terserap di sekolah-sekolah favorit di Makassar bahkan di luar Sulawesi.

Salah satu angkatan yang kreatif mempromosikan nama besar SMP 6 adalah Angkatan tahun 1977 atau mereka yang tamat di tahun 77.  Sebanyak 25 alumni 77 akan ada di Selayar pada tanggal 20-22 Septermber 2019 ini.

Seorang alumninya, Achmad Habib yang mengaku diterima di SMA Negeri I Makassar setelah lulus SMP 6, berbagi ide program kepada PerspektifMakassar.id tentang apa yang disebutnya sebagai ‘Ayo ke Selayar!’

“Kami di alumni angkatan 77 SMP 6 menggagas program ‘Ayo ke Selayar!’ minggu ini. Ini ajang siilaturahmi alumni sekaligus upaya kami mempromosikan keunikan dan keunggulan Selayar sebagai destinasi wisata favorit Indonesia bahkan dunia,” jelas Achmad yang saat ini menjadi Kepala Bidang Kelistrikan di Dinas Energi Sumber Daya Mineral Sulawesi Selatan.

Taglline silaturahmi ‘Ayo ke Selayar!’ kami pilih agar semakin banyak yang ke Kepulauan Selayar, terutama alumni SMP 6 atau kita yang ada di Makassar dan kota lainnya di Indonesia,” sebut Achmad.

Achmad menyebut bahwa salah satu alasan kuatnya kenapa memilih Selayar karena telah lama dipuja oleh bangsa lain.

Para alumni SMP 6 angkatan 77 yang intens berinteraksi (dok: istimewa)

Masa’ mereka bisa unggulkan Selayar, bahkan membangun resor di sana sementara kita bahkan tidak tahu dan tidak bikin apa-apa?” katanya.

“Kenapa memilih Selayar bukan tempat wisata di Pulau Jawa, Bali atau wisata ke luar negeri, alasannya bahwa turis manca negara saja mengagumi panorama dan keindahan pantai, laut dan bawah laut Selayar, masa kita tidak?” tegasnya lagi.

Menurut Achmad yang Sarjana Teknik ini, beberapa ahli konservasi lingkungan dan komunitas traveling mengatakan bahwa Selayar tergolong tempat wisata yang memiliki keindahan alam yang unik.

“Kenapa? Karena hanya ke Pulau Selayar kita dapat melihat beberapa persamaan tempat wisata lain di Indonesia bahkan yang ada di luar negeri. Kita akan bawa teman-teman alumni SMP 6 dari Ambon, Gorontalo, Tanah Jawa dan Palu,” imbuhnya.

Ada beberapa lokasi yang menggoda untuk dijajal oleh alumni SMA 6 angkatan 77 ini. Di antaranya,  Taman Nasional Taka Bonerate, Baloiyya, Pantai Pidang, Batu Kerapa hingga Buluang.

Keunikan

Taka Bonerate. Taka Boneate adalah kawasan terumbu karang atol terluas di Asia Tenggara dan terluas ketiga di dunia dengan tingkat biodiversitas yang sangat tinggi.

Taka Bonerate adalah habitat bagi berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Di sini kita bisa diving, snorkeling, fishing berjemur, jelajah antar pulau dalam kawasan, menikmati sunrise dan sunset. Terumbu karangnya sangat indah dan didapat dijadikan lokasi wisata.

Keindahan Taka Bonerate (dok: Asri To’)
Hiu di Taka Bonerate (dok: JJ Makassar)

Pulau Tinabo dalam kawasan ini bahkan menjadi lokasi wisata ‘memberi makan ikan hiu’. Pengunjung bisa memberi makan ikan hiu, di tepi pantai. Keren bukan?

Baloiyya, ini terletak di sisi selatan Kota Benteng. Pantainya sangat elok apalai sajian pemandangan saat sunset. Di sini sudah berdiri banyak resor salah satunya Resor Sunari yang pernah dijadikan tempat penginapan oleh Menteri Susi Pudjiastuti.

Keindahan di sekitar Pantai Baloiyya (dok: K. Azis)

Pantai Pinang, ini berada di sebelah timur Pulau Selayar. Hamparan pasir putih dan keteduhannya menjadikannya seperti surga tersembunyi. Saat ini di sana sudah ada resor yang dikelola orang Perancis tetapi masih banyak ruas pantai yang pantas dijajal untuk rekreasi.

Pantai Pindang (dok: Asri To’)

Pulau Bauluang, ini pulau di ujung selatan Selayar. Dapat dijangkau untuk wisata mancing dan berjemur di pantainya. Ini bagus dijajal bagi yang suka pemandangan alam ‘perawan’ karena jarang dijajal atau tidak menjadi lokasi wisata massal.

Keindahan Bauluang (dok: Asri To’)

Batu Karapu, ini berada di sisi barat pulau Selayar dan sudah terkenal karena keindahan pantai dan bagus untuk foto pantai.  Ada batu unik yang berlubang menjorok ke laut. Batunya hampir mirip dengan salah satu destinasi wisata di Inggris, yaitu *Durdle Door*. Di sini juga bisa melakukan aktivitas seperti berenang dan snorkeling.


Batu Karapu (dok: Benedicta Wayan Suryani)

“Saya yakin penggambaran di atas belum sepenuhnya lengkap tetapi rasanya bikin kami penasaran untuk segera menjajal melaluii program ‘Ayo ke Selayar!’ ini. Apalagi pesawat sudah lancar dari Makassar. Ayo deh!” tutup Achmad Habib yang juga alumni Teknik Geologi Unhas angkatan 81 ini. (*)

Editor: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Pembawa Detonator Bom Ikan Ditangkap Polres Pangkep

Libatkan ISTDA, Pemkab Lutim Latih 40 Tenaga Penyelam