in

Libatkan ISTDA, Pemkab Lutim Latih 40 Tenaga Penyelam

ISTDA dan Pemda Lutim Latih Penyelam (dok: istimewa)

PERSPEKTIFMAKASSAR.ID –Pemkab melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Parbudmudora) mengajak ISTDA atau International Sci-Tech Diving Association untuk bekerjasama memfasilitasi pelatihan selam bagi 40 orang yang diharapkan dapat menjadi tenaga penyelam multifungsi.

Disebut multifungsi sebab tak semata untuk mendukung kegiatan kepawisataan tetapi juga kegiatan bawah air meliputi penyelaman dan riset danau dan laut.

“Pelatihan berlangsung di Aula Hotel I Lagaligo, Kota Maliii dan berlangsung selama 4 hari. Sehari di kelas dan 3 hari di kolam (danau) dan laut,” kata Amiruddin, pilar ISTDA kepada PerspektifMakassar.id.

Sebagai instruktur dalam pelatihan ini adalah para pilar ISTDA yaitu Taufik Hizbul ‘Boen’ Haq, Amiruddin, Rahmadi Prasetyo yang dibantu dive master dari Makassar yaitu Ismail serta 5 tenaga advance lainnya dari Kendari anggota Lambelu Diving Club.

Para peserta menurut Amiruddin berasal dari kelompok Karang Taruna, Search and Rescue SAR, kelompok masyarakat adat. Termasuk stakeholder pemerintahan dari Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan dan Perikanan serta BPBD. Ada tiga peserta tidak lulus karena sakit.

“Secara umum acara berlangsung lancar. Kegiatan meliputi teori dan latihan perairan di Danau Matano dan Tanjung Husler,” tambah Amiruddin.

ISTDA yang menjadi mitra Pemkab Luwu Timur ini menurut Amiruddin adalah lembaga non-pemerintah yang menghimpun dan berjejaring dengan para individu maupun institusi yang peduli pada upaya membangun minat dan ketrampilan, profesionalisme dan kemandirian aktivitas bawah air.

Oleh Pemkab Luwu Timur, kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya di Kecamatan Burau.

 “Proses Diklat di Sorowako, Luwu Timur ini paling ideal. Aman dari gelombang, arus, juga potensi kerusakan alat karena air tawar, danau jernih, safety lebih terjamin, dan di sini sangat cocok digagaskan sebagai lokasi pelatihan diver salvage dan offshore. Karena aman dari dan faktor cuaca lainnya,” tutup Amiruddin. (*)

Penulis: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Alumni SMP 6 Makassar Gelar Kegiatan ‘Ayo ke Selayar!’

‘Breakthrough Mindset’ Mantan Aktivis Mahasiswa Unhas