in

Pembawa Detonator Bom Ikan Ditangkap Polres Pangkep

Dahsyatnya bom kan (dok: KKPNews/Istimewa)

PERSPEKTIFMAKASSAR.ID – Dari waktu ke waktu, ancaman terhadap keberlangsungan ekosistem laut terutama terumbu karang tak pernah surut. Pemboman ikan yang berdampak merusak rataan karang, rumah ikan, masih jadi musuh bersama terutama di sekitar Perairan Pangkep hingga Selayar.

Hal itu dapat dibaca dari ditangkapnya tiga orang warga Makassar yang diamankan oleh Tim Opsnal Polres Pangkep. Ketiga warga tersebut kedapatan membawa ribuan detonator dan sumbu penghantar untuk bom.  Mereka ditahan saat kedapatan di jalan poros Pangkep.

Kapolres Pangkep AKBP Tulus Sinaga saat memberikan konferensi pers menyebutkan jumlah detonator yang diamankan dari tangan para pelaku sebanyak 1200 buah. Rinciannya 500 buah detonator pabrikan dan 700 rakitan.

Selain ribuan detonator, juga diamankan 20 gulung sumbu berwarna yang berfungsi sebagai penghantar ledak.

Tiga orang yang sudah lama dicurigai tersebut adalah MA (64 tahun), J (54 tahun) dan M (59 tahun). “Ketiganya warga Kota Makassar, satu kelompok. ada yabg berperan sebagai penjual, kurir dan penampung,” terang Tulus, Selasa (18/9/2019).

Menurut Tulus, para pelaku didapatkan dari wilayah Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tengah. Detonator yang diamankan sebanyak 12 kotak, dimana satu kotak detonator rakitan itu berisi 100 buah detonator. Detonator rakitan dan sumbunya didapatkan di Makassar. Ketiga pelaku juga telah melakoni profesi ini selama puluhan tahun.

Kepada polisi, ketiganya mengakui jika ribuan detonator dan sumbu ledak ini akan diperjualbelikan di wilayah Pangkep, Selayar dan Makassar yang digunakan untuk pelengkap pembuatan bom ikan.

Harga satu kotak detonator dengan isi 100 dihargai dari Rp2,5 juta hingga Rp10 juta. Sesui UU Darurat tahun 1951 tentang handak, pelaku dapat diancam hukuman 10 tahun penjara.

Editor: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Anak-anak Kelautan Unhas di Kursi Legislatif

Alumni SMP 6 Makassar Gelar Kegiatan ‘Ayo ke Selayar!’