in ,

Aliansi Dosen PTS Indonesia Jadikan ‘Balla Barakka’ Galesong Wahana Pengabdian

Suasana dialog dengan warga Galesong (dok: istimewa)

PERSPEKTIFMAKASSAR.ID – Kampung Adat dan Budaya Balla’ Barakka di Desa Galesong Baru, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar semakin diminati para peneliti sosial-ekonomi dan kebudayaan.

Sejak diresmikan, Kampung Adat dan Budaya ini telah menjadi ‘oase’ llmu, pengetahuan, khazanah sekaligus ruang berbagi perspektif kebudayaan Makassar.

“Alhamdulillah telah berkunjung ke Kampung Adat dan Budaya Balla’ Barakkaka melaksanakan pengabdian masyarakat para dosen yang tergabung dalam Aliansi Dosen PTS Indonesia,” jelas Prof Aminuddin Salle Karaeng Patoto, founder Kampung Adat dan Budaya ini.

Karaeng Patoto saat menerima perwakilan peserta (dok: istimewa)

Pada Ahad tanggal 29 September 2019 ini bertempat di Aula Appaka Sulapa’ Kampung Adat dan Budaya Balla’ Barakkaka ri Galesong berlangsung kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen-dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia.

“Ada dua topik utama yang diangkat, isu kesehatan dan entrepreneurship. Para pesertanya adalah kelompok masyarakat yang bermukim di sekitar Balla Barakkaka Gelesong terutama kelompok Ibu-ibu majelis taklim,” jelas Karaeng Patoto.

Menurut Karaeng Patoto, ada dialog antara peserta dan tim akademisi dan peneliti tersebut. Ada refleksi pengalaman warga dan tanggapan dari para akademisi yang menambah wawasan kedua belah pihak.

Para peserta kegiatan di Balla Barakka (dok: istimewa)

Balla Barakkaka telah menjadi wahana pertukaran pengalaman dan gagasan untuk perubahan yang lebih baik ke depannya terutama aspek kesehatan dan kewirausahaan.

Forum Dosen tersebut dipimpin akademisi Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr Buyung Romadhoni yang diserta Prof Ridwan dari Malaysia serta beberapa akademisi dan peneliti dosen  anggota Aliansi Dosen PTS Indonesia.

“Alhamdulilah, sering-sering saja, Dr Buyung ajak akademisi dan peneliti kita datang ke Balla Barakkaka, insya Allah masyarakat sekitar akan tercerahkan dengan kunjungan serupa,” sambut Irfan Sirajuddin, tokoh muda asal Galesong.

Sementara Safaruddin dari Kantor Kecamatan Galesong menyampaikan terima kasihnya atas kunjungan di wilayah administrasi Galesong ini.

“Pemerintah Kecamatan Galesong  merespon kegiatan ini dengan baik, semoga dibalas pahala yang  banyak, masyarakat Gesa Galesong mulai merasakan berkah, manfaat, keberadaan Balla Barakka,” sebutnya. (*)

Penulis: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Merawat Kenangan Manis Bersama Alumni Smansa Makassar [Repost]

LP2M Unhas Selenggarakan Pelatihan Reviewer Penelitian Perguruan Tinggi