in

Alasan Arqam Azikin Mengapa Puan Maharani Pantas Jadi Ketua DPR

Pengamat Unismuh, Arqam Azikin (dok: istimewa)

PERSPEKTIFMAKASSAR.ID – UU No. 2/2018 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) menyebutkan bahwa Partai Pemenang Pemilu 2019 selanjutnya akan menduduki kursi Ketua DPR RI.

Menurut pengamat politik Kebangsaan Universitas Muhammadiyah Makassar, Arqam Azikin, PDI Perjuangan sebagai Pemenang Pemilu 2019 punya Hak Politik menduduki kursi Ketua DPR RI berdasarkan aturan UU MD3.

Menurutnya, konteks aturan yang telah menjadi keputusan bersama secara politik tersebut, itulah menjadi pegangan semua Fraksi dalam penentuan Ketua dan Pimpinan DPR RI berikutnya termasuk ketentuan siapa yang pantas jadi ketua DPR-RI.

“Apabila DPP PDI Perjuangan menunjuk Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI 2019 – 2024 sudah menjadi Keputusan wajar dan tepat. Apalagi Puan Maharani sudah punya pengalaman politik di parlemen dan menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK),” jelasnya.

Terkait itu, terang Arqam, awal September ini, Puan Maharani meraih penghargaan dari Gubernur Lemhannas RI, Agus Widjojo yang disaksikan Presiden ke 5 Megawati Soekarno Putri, Agum Gumelar di Gedung Auditorium Gadjah Mada, Lemhannas RI Jakarta.

Arqam Azikin yang juga Alumni Unhas ini mencermati Puan Maharani figur tepat dalam formulasi jenjang karir politik di Internal Partai maupun pengalaman kepemimpinan politik di luar PDI Perjuangan.

“Bila Mbak Puan yang menduduki Ketua DPR RI akan menjadi sejarah politik pertama seorang sosok Perempuan memimpin DPR RI selama kurun waktu 20 tahun terakhir, pungkas Arqam Azikin,” ucapnya.

Arqam menambahkan bahwa pimpinan DPR RI Priode 2019 – 2024 memiliki tantangan yang tidak mudah.

“Di antaranya mesti intensif mengingatkan para wakil rakyat untuk meningkatkan fungsi dan kinerjanya, menyelesaikan pro dan kontra kebijakan periode sebelumnya serta harus bisa lebih dipercaya rakyat dalam menjalankan tugas pengawasan kepada eksekutif,” pungkas Arqam. (*)

Editor: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Unhas dan Pemkab Luwu Tanda Tangani MoU Kerja Sama Berbagai Bidang

47 Tahun Hubungan Wayne A Bougas dan Keluarga Karaeng Salle