in

Disebut Terpilih Ketua DPRD Sulsel, Siapa Andi Ina Kartika Sari?

Andi Ina Kartika Sari, ketua DPRD Sulsel 2019-2024 (dok: istimewa)

PERSPEKTIFMAKASSAR.ID – Politisi perempuan sedang naik daun di jagad politik kontemporer nasional. Setelah Puan Maharani didapuk jadi Ketua DPR-RI beberapa waktu lalu, kini giliran politisi ‘Puang’ Andi Ina Kartika Sari dipilih DPP Partai Golkar sebagai ketua defenitif DPRD 2019-2024 Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepastian posisi perempuan berusia 44 tahun tersebut diperoleh setelah Ketua Partai Golkar Sulsel Nurdin Halid menyampaikannya ke awak media di Warkop BM Sebelas, Jalan Bonto Mangape, (09/10/2019).

Menurut Nurdin, pemilihan tersebut telah disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada tanggal 5 Oktober lalu, yang dipilih adalah Andi Ina Kartika Sari sebagai ketua definitif.

Dengan demikian, Partai Golkar pecah telur karena telah menempatkan politisi perempuan sebagai Ketua DPRD Sulsel. Ini prestasi tak biasa untuk perempuan yang disebut memang dijagokan oleh Nurdin Halid alias NH tersebut.

Dengan informasi ini, peluang Rahman Pina dan Fahruddin Rangga yang digadang sebelumnya sudah tertutup.

Meski demikian, informasi di atas belum sepenuhnya kuat sebab SK resmi belum sampai di sekretariat DPRD Sulsel.

“SK resmi sepertinya belum ada, bagaimanapun ini urusan internal Partai Golkar. Kita tunggu resminya,” kata Akbar Endra politisi Demokrat saat dimintai pendapat terkait kabar sedap bagi Andi Ina yang juga alumni Fakultas Hukum Unhas angkatan 1993.

Siapa Andi Ina?

Andi Ina terpilih sebagai anggota DPRD Sulsel dari Dapil VI Maros, Pangkep, Barru dan Parepare. Sebanyak 19.652 pemilih suara di utara Makassar tersebut yang telah menyerahkan pilihannya ke perempuan lulusan SMA Negeri I Makassar dan juga alumni Unhas ini.

Andi Ina juga mempunyai ‘jejak’ panjang di DPRD Sulsel, sebab ibunya disebut pernah menjadi anggota DPRD Sulsel selama dua periode.

Andi Ina adalah notaris dan berkantor di Jalan Pelita Raya Tengah Blok A3 No.7B, Buakana, Rappocini, Kota Makassar.

Ibunya, Andi Tja Tjambolang adalah tenaga pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin serta mengajar tema Ekonomi Industri.

Saudara Andi Tja adalah dokter spesial bedah tenar di Makassar, bernama dr. H. Tadjuddin Tjambolang, Sp.B (KBO).

Selain itu, Andi Ina yang juga bendahara DPD I Partai Golkar adalah alumni SMA Negeri I Makassar, salah satu SMA favorit di Makassar. Kabar ini juga dibahas di grup Whatsapp mereka.

“Selamat Andi Ina, semoga amanahki,” kata Nanang, salah seorang alumni Smansa Makassar. Mengetahui kabar di atas, Sekjen IKA Smansa Makassar, Dr Anas Iswanto Makkatutu juga bersuka cita.

“Semoga ini kabar resmi, dan tentu juga akan jadi kabar baik untuk keluarga besar IKA Smansa Makassar. Ada alumni yang mendapat posisi tertinggi di DPRD Sulawesi Selatan, apalagi Andi Ina adalah juga pengurus IKA Smansa Pusat,” kata Anas. (*)

Penulis: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Profesor Asal Jepang Kenalkan Bahasa Program Komputer untuk ‘Internet of Things’

Wamena dalam Perspektif Penanganan Jangka Panjang, Senior Advisor KSP, SYL: Tempuh 3 Solusi Ini