in

Dr Rusdian Lubis Bahas Isu Lingkungan di Sekolah Pasca Sarjana Unhas

Dr Rusdian Lubis (kiri) dan Prof Jamaluddin Jompa (dok: Humas Unhas)

PERSPEKTIFMAKASSAR.ID – Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan seminar series yang membahas mengenai isu lingkungan dengan tema besar “Melanglang Buana dan Melintasi Aneka Lembaga Untuk Sumber Daya Alam dan Lingkungan”.

Kegiatan tersebut menghadirkan Dr. Rusdian Lubis, seorang senior bidang pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup, berlangsung di Aula Prof Fachruddin Pascasarjana Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (17/10).

Dalam sambutan selamat datangnya, Prof Jamaluddin Jompa, Ph.D selaku Dekan Pascasarjana Unhas menjelaskan terkait pencapaian maupun pengalaman yang dimiliki oleh Dr. Rusdian.

Dia berharap bahwa apa yang dilakukan hari ini bisa menjadi motivasi dan berharap akan ada saran atau langkah tepat dari Dr Rusdian yang bisa diterapkan.

“Dr. Lubis sudah sering keliling dunia, sudah tergabung dalam banyak kelembagaan. Beliau juga dulu pernah menjadi salah satu dosen kita.  Karir profesionalnya banyak, seperti Ketua Pusat Studi Lingkungan Universitas Hasanuddin, Direktur Amdal-Badan Pengendalian Dampak Lingkungan, dan masih banyak lagi karier beliau yang bisa kita contoh bersama,” jelas Prof Jamal.

Dalam materinya, Dr. Rusdian lebih menjelaskan mengenai penggunaan karbon dalam kehidupan sehari hari. Pembangunan yang rendah karbon merupakan salah satu bentuk dari implementasi pembangunan berkelanjutan.

“Seperti yang diketahui bersama bahwa ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk pembangunan yang rendah karbon menurut Kementerian PPN/Bappenas sampai tahun 2045,” katanya.

“Di antaranya dengan perlindungan hutan, moratorium gambut dan meningkatkan reforestasi, transisi menuju energi terbarukan dan efisiensi energi, penanganan sampah dan pengelolaan industri, perbaikan kelembagaan dan tata kelola yang ada, hal ini perlu untuk kita terapkan bersama,” papar Dr. Rusdian.

Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 50 peserta yang berasal dari mahasiswa maupun dosen berlangsung hingga pukul 16.00 WITA.(*)

Penulis: Ishaq Rahman (Humas Unhas)

Editor: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Lagi, Selayar Jadi Obyek Tur Alumni FE Unhas Angkatan ’76

Direktorat Inovasi Unhas dan USC Australia Gelar Workshop Inovasi dan Kewirausahaan