in

Prof Yusran Yusuf Sambangi ‘Akar Hidroponik’ di Maros

Husba, Prof Yusran dan istri bersama pengelola Akar Hidroponik (dok: istimewa)

PERSPEKTIFMAKASSAR.ID – Terdapat banyak lahan di wilayah Sulawesi Selatan atau di kabupaten-kota yang masih menganggur alias tak termanfaatkan. Dibutuhkan upaya terobosan untuk memanfaatkannya sebagai lahan usaha.

Itu pula yang telah dilakukan oleh seorang pengusaha agribisnis bernama Geralz di Kabupaten Maros yang mengelola ‘Akar Hidrponik’.

Informasi tersebut diperoleh dari Husba Phada, aktivis mahasiswa Universitas Hasanuddin di tahun 90-an yang juga sahabat karib Prof Yusran Yusuf. Keduanya baru saja berkunjung ke lokasi dimaksud, (17/10).

“Iya, saya memang menemani Prof Yusran dan pengusaha agribisnis Bapak Arifuddin Paulangi, ke salah satu usaha hidroponik ‘akar hidroponik’ di Dusun Tongke, Kecamatan Moncongloe, Maros atau tidak jauh dari Kompleks Zipur. Tempatnya asik dan bagus direplikasi di tempat lain,” kata Husba kepada PerspektifMakassar.Id.

Suasana di Kompleks Akar Hidroponik (dok: istimewa)
Hdroponik jadi alternatif pengembangan ekonomi warga (dok: istimewa)

Menurutnya, pengelola Akar Hidroponik adalah Geralz dan dibantu oleh Arisman, alumni Unhas sebagaimana Husba dan Prof Yusran. Bagi Husba, usaha ini sangat patut jadi alternatif pengembangan usaha, bisa mendongkrak pendapatan keluarga dan bebas dari pestisida.

“Saya kira, ini terjamin hasil produksinya. Kita bisa peroleh sayur mayur bebas bahan kimiawi sehingga sehat dikonsumsi,” kata kolega Prof Yusran ini, Prof Yusran, sosok yang disebut layak maju sebagai Cabup Maros.

Sementara Arisman yang juga alumni Teknologi Pertanian Unhas ini menjelaskan bahwa luas lahan yang dikelola adalah 27 m x 27 m atau setara 729 m2.

“Akar hidroponik mulai operasi sejak Januari 2018, adapun jenis produksi ada tidak kurang 13 jenis sayur-mayur,” jelasnya. Ada selada hijau, selada merah, pakcoy, sawi, romain, mint, kale Curly, kale Nero, bayam merah, bayam hijau hingga kangkung.

“Produksi kami bisa mencapai 40 kg/hari,” tutup Arisman. Para pembaca tertarik Akar Hidroponik? Coba kontak ini +6281340668896. Kalau mau lihat info lengkapnya boleh cek via Instagram:
https://www.instagram.com/akar_hidroponik/?igshid=by520t0eized

Cek via Instagram

(*)

Penulis: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Direktorat Inovasi Unhas dan USC Australia Gelar Workshop Inovasi dan Kewirausahaan

Tiga Penilaian Najwa Shihab untuk Susi Pudjiastuti [Video]