in

Unhas Menggelar Konferensi Internasional Ilmu dan Teknologi Peternakan

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bersama undangan lainnya (dok: Humas Unhas)

MAKASSAR – Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Peternakan menggelar The 2nd International Conference of Animal Science and Technology (ICAST II) dengan tema “Sustainable Animal Production and Welfare in the Tropical Environment”. ICAST II 2019 ini diadakan di Hotel Swiss Bel-in Makassar, pada Selasa (5/10).

Kegiatan tersebut menghadirkan keynote speakers dari luar negeri, yaitu; Prof. Dr. Danilda Hufana Duran (Filipina), Prof. Dr. Metha Wanapat (Thailand), Dr. drh. Gozali R. Moekti, M.Sc (Brunei Darussalam), dan Dana Chow, MBA (Singapura).

Selain itu, kegiatan ini juga mengundang pembicara dari dalam negeri, yaitu; Prof. Dr. Ir. Cece Sumantri, M.Sc (Institut Pertanian Bogor), Prof. Ir. Burhanuddin Sundu, M.Sc., Ph.D  (Universitas Tadulako), Dr. Ir. Syahruddin Said, M. Agr. Sc. (Himpunan Ilmuwan Peternakan Indonesia), dan Ir. Teddy Candinegara (Behn Meyer Chemical Indonesia).

ICAST II dihadiri sekaligus dibuka oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, S.T. Hadir pula Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. H. Abdul Azis, M.M.

Dalam sambutan pengantarnya, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyambut dengan hangat para tamu serta delegasi. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi para ahli untuk membicarakan masalah yang berkembang dan mencari solusinya.

“ICAST II 2019 yang diadakan oleh Fakultas Peternakan semoga bisa menjadi forum untuk melahirkan konsep-konsep terbaru yang berkaitan dengan pengembangan teknologi dan ilmu peternakan,” tuturnya.

Dia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh panitia serta sivitas akademika yang berkontribusi dalam kelancaran kegiatan ini. 

Konferensi internasional merupakan kegiatan rutin Unhas yang menjadi prioritas dan diadakan untuk meningkatkan kualitas serta koneksi para peneliti, juga sebagai wadah untuk saling berbagi pengetahuan.

Dalam berlangsungnya acara ini, juga disematkan pemberian Surat Keputusan Dosen Asing Luar Biasa (Honorary Lecturer) kepada dua dosen asing, yakni; Pregirino Ginaldo Duran, dan Prof. Dr. Danilda Hufana Duran. SK langsung diserahkan oleh Rektor Unhas kepada kedua dosen asing ini.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan dalam sambutannya menyampaikan bahwa dari konferensi internasional ini diharapkan ada solusi maupun inovasi yang bisa dituangkan untuk Provinsi Sulawesi Selatan dalam meningkatkan produksi hasil ternaknya.

“Sulawesi Selatan memiliki satu kunci pencapaian, yaitu meningkatkan jumlah produksi dan kualitas sapi yang kita miliki,” ucapnya.

Andi Sudirman juga mengucapkan terima kasih kepada Unhas karena telah mengadakan kegiatan seperti ini. Dia mengajak seluruh hadirin untuk berproses mencapai tujuan bersama.

Dirinya berharap Unhas melahirkan banyak generasi penerus yang lebih baik yang dapat menjadi pemimpin, utamanya untuk Provinsi Sulawesi Selatan.

Selanjutnya, Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman membuka ICAST II 2019 secara resmi ditandai dengan pemukulan gong.(*)

Editor: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Prof. Dwia: Kualitas Proses Pendidikan adalah Bagian dari Budaya Unhas

Reuni dan Cerita Diaspora Alumni Smansa 89 Makassar