in

Peneliti Senior Australia dan Indonesia Gelar Persiapan Riset PAIR Sulsel di Unhas

Suasana pertemuan PAIR (dok: Humas Unhas)

MAKASSAR – Sebagai bagian dari persiapan riset PAIR (Partnership for Australia-Indonesia Research) yang berfokus pada isu atau masalah konektivitas, komoditas, kesehatan, kesejahteraan dan keterampilan pemuda di Sulawesi Selatan, PAIR menyelenggarakan pertemuan.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh tim peneliti senior PAIR, kalangan akademisi dan peneliti. Pertemuan ini berlangsung di Ruang GB II lantai 2, Sekolah Pascasarjana Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin (18/11).

Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor IV bidang Riset dan Inovasi Unhas, Prof. dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D.

Dalam sambutannya, Nasrum berharap pertemuan ini akan memberikan gambaran awal kepada tim peneliti PAIR. Sehingga, para peneliti PAIR mempunyai informasi yang dibutuhkan selama melakukan penelitian dalam kurun waktu empat tahun mendatang di Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan yang sama, Hasnawati Saleh, MSc., Ph.D., selaku Koordinator Riset PAIR menjelaskan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendengarkan apa saja penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti Unhas.

“Sehingga Peneliti Senior PAIR mendapatkan gambaran untuk merumuskan pertanyaan relevan yang akan diberikan kepada pemerintah maupun masyarakat mengenai beberapa isu/masalah yang menjadi fokus dalam penelitian,” jelasnya.

“Para peneliti PAIR ingin mendengarkan apa saja yg telah dilakukan oleh peneliti Unhas terkait beberapa topik, seperti komoditas, transportasi, rantai pasok, pemuda, gender, disabilitas, dan lain sebagainya,” tambahnya.

“Sebelas peneliti senior PAIR yang hadir berdialog dengan sejumlah stakeholder. Dialog ini akan membantu peneliti PAIR dalam merumuskan pertanyaan penelitian yang relevan. Sehingga, terjadi sinergitas positif dan saling mendukung untuk hasil akhir yang maksimal,” jelas perempuan yang kerap disana Nana tersebut.

Dalam pertemuan ini, para peneliti Unhas mempresentasikan rancangan penelitian mereka. Setidaknya ada beberapa topik pembahasan yang dibicarakan dalam pertemuan ini, seperti pembahasan mengenai rumput laut yang dipresentasikan oleh Dr. Nita Rukminasari (Dosen dan Peneliti FIKP Unhas), Kakao oleh Prof. Dr. Ir. Ade Rosmana (Dosen dan Peneliti Senior Fak. Pertanian Unhas), dan lainnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 40 peserta yang berasal dari para peneliti senior PAIR, kalangan akademisi dan peneliti Unhas, dan beberapa Universitas lain di Indonesia berlangsung hingga pukul 16.00 WITA.(*)

Editor: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

FKG Unhas Tuan Rumah Workshop Pengembangan Assessment Profesi Dokter Gigi

Sukses dengan Sejumlah MoU, Prof Dwia dan Prof Farida Tampil Menawan di Uzbekistan