in

Manfaatkan Dana Desa, Inilah Wahana Swafoto Bawah Laut dari Selayar

Pemandangan di Desa Patilereng Selayar (dok: Selayar Marine Dive)

SELAYAR – Tantangan Pemerintah Desa di Indonesia adalah menghasilkan inovasi pemanfaatan dana desa sesuai potensi lokal yang ada. Sejauh ini, amat minim cerita inspiratif penggunaan dana desa karena keterbatasan kapasitas individu dan kelembagaan masyarakat dan desa.

Mungkin pembaca tahu bahwa jika bicara inovasi dana desa, maka desa seperti Ponggok di Jawa Tengah adalah yang paling sering disebut sukses memanfaatkan dana desa untuk menangguk pendapatan desa. Desa ini sering dijadikan target studi banding bagi Pemerintah Desa yang lain.

Belakangan ini, praktik serupa mulai digetarkan di Selayar, Sulsel. Selayar dikenal sebagai salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki potensi sumber daya pesisir dan laut yang memukau.

Itu pula yang telah diinisiasi oleh Pemdes Patilereng melalui pengembangan pariwisata bahari berbasis potensi mereka.

Maksudnya, Pemerintah Desa, dalam hal ini Kades Saharuddin Arif dam jajarannya mengajak Selayar Marine Dive, organisasi selam yang kompeten di Selayar untuk bersama melakukan inovasi pemanfaatan potensi wisata tersebut.

Saharuddin belajar dari pengalaman Ponggok untuk melakukan hal senapas dengan kegiatan wisata berbasis air tersebut.  

Mari ke Patilereng (dok: SMD)
Pemandangan bawah laut Patilereng, ada wahana selfie (dok: Zulkifli/SMD)

“Saat ini kami kerjasama dengan Pemdes Patilereng dengan menyiapkan wahana foto bawah laut. Sementara dermaga, sarana prasarana lainnya merupakan aset pemerintah desa,” kata Andi Ridho, pilar SMD.

“Di Patilereng, sejak 2016, telah ada penginapan, gazebo, tempat makan, tempat bilas, dermaga. Semuanya dibangun oleh Pemerintah Desa, kami datang belakangan,” katanya lagi.

Dia juga bercerita bahwa inisiatif Pemerintah Desa tidak berhenti dengan sekadar bangun sarana prarasarana tetapi mencari terobosan agar pelancong mau datang ke sana.  

Bersiap menikmati keindahan bawah laut Patilereng (dok: Zulkifli/SMD)

“Sudah sebulan ini kami aktif mempromosikan wahana rekreasi bawah laut Desa Patilereng. Telah kami disiapkan untuk welfie atau selfie bawah laut. Bumdes mendapat bagian pemasukan dari usaha ini,” kata Rido.

“Baru-baru ini ada tujuh orang yang kami pandu untuk bisa difoto bawah laut menggunakan Scuba,” katanya lagi.

Menurutnya, bukan hanya difoto, tetapi juga bisa dipandu untuk snorkeling atau sekalian kursus singkat penyelaman.

“Wahananya bingkai berwarna pink, sedalam 3 meter. Jadi barang siapa yang tertarik merasakan sensasi di kedalaman, menggunakan alat selam Scuba maka bisa masuk dan diabadikan,” ajak Ridho saat ditemui di Cafe Gora Sarinah Jakarta, (10/12).

Rido menyebut bahwa siapapun yang mau, ada, atau berencana ke Selayar untuk segera datang ke Patilereng. Sebab menurutnya ini akan memberikan sensasi tentang keindahan Selayar terutama Pantai Timur.

Bagus untuk yang berminat jajal penggunaan Sciba (dok: SMD)

Patilereng dapat ditempuh selama 40 menit dengan kendaraan roda empat dari Kota Benteng. Tersedia banyak kendaraan yang bisa disewa untuk sampai ke sini.

“SMD melalui tenaga penyelam asal desa setempat bertanggungjawab untuk memandu, menyiapkan alat-alat selam, hingga melakukan pemotretan baik pada ekosistem karang alami maupun hasil transplantasi karang kami,” kata Rdho.

Mari ke Selayar, mari ke Patilereng (dok: SMD)

“Intinya, kami ikut membantu desa untuk bisa memanfaatkan keunggulan ekosistem karang dan keindahan pesisir dan laut Desa Patilereng. Jika ingin hubungi kami silakan cek Instagram Selayar Marine Dive atau selayarmarine_dc,” kata Andi Ridho.

Bagi anda yang ingin melakukan hal serupa, punya potensi sumber daya laut atau pesisir, yuk ke Selayar untuk melihat bagaimana inspirasi dan inovasi disebarkan! (*)

Penulis: K. Azis

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Inspirasi Akib Patta, Reuni COREMAP dan ‘Japruts’ Menuju KKP

Wali Kota Makassar Dukung Penuh Pelaksanaan HUT IKAIE Unhas